Mitos Atau Fakta : Wajib Minum 8 Gelas Air Putih Dalam Sehari

Views Senin, Oktober 17, 2022

Selama beraktivitas dalam sehari, tubuh akan selalu mengeluarkan cairan baik itu dari keringat maupun buang air. Tubuh akan senantiasa butuh asupan cairan baru tiap harinya agar tidak mengalami dehidrasi. Kondisi tubuh yang dehidrasi bisa menyebabkan tubuh lebih mudah lelah, sulit untuk fokus, hingga bau mulut. 

Sering kali juga kita mendengar tips kesehatan untuk minum air sebanyak 8 gelas setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Namun, beberapa orang mengalami kesulitan untuk memenuhi syarat kesehatan ini.

Sebuah artikel pada 2002 yang telah dipublikasikan dalam National Health Medicine mencoba meneliti bukti ilmiah di balik aturan minum delapan gelas sehari. Penelitian ini kurang lebih meninjau lusinan studi, survei, dan artikel dan hasilnya sama sekali tidak menemukan bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa setiap orang perlu minum delapan gelas per hari. Namun, temuan ini hanya terbatas pada orang dewasa yang sehat saja. Meskipun ada situasi ketika kebutuhan air meningkat, pria dan wanita sehat umumnya tidak perlu mengonsumsi air dalam jumlah besar.

Di sisi lain, tidak minum cukup air terbukti bisa menyebabkan dehidrasi ringan. Dalam keadaan ini, kamu mungkin mengalami kelelahan, sakit kepala, dan gangguan suasana hati.

Pada umumnya, pria dewasa membutuhkan setidaknya 2,5-2,6 liter (8 gelas) air putih, sedangkan wanita dewasa membutuhkan minimal 2,3 liter (7 gelas) setiap harinya.

Meski demikian, kebutuhan yang sesungguhnya tergantung pada kondisi masing-masing orang. Lebih jelasnya, hal ini juga bisa dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, berat badan, aktivitas, dan kondisi medis tertentu.

Lantas apakah benar tiap orang akan membutuhkan 8 gelas air mineral setiap hari untuk memenuhi cairan tubuh dan melindungi diri dari dehidrasi? Simak faktanya berikut ini!

Refferensi :

(1).Dinas Kesehatan Provinsi Jogjakarta
(2).Halodoc Dot Com
(3).Merdeka Dot Com
(4).YT Gue Sehat
(5). KlikDokter Dot Com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »