SMP Islam Terpadu Dabo Singkep Sukses Melaksanakan IHT - Pemanfaatan Teknologi Ujian CBT Offline Tanpa Jaringan Internet

Views Jumat, November 25, 2022

Lingga –  Guna melakukan penguatan dan peningkatan teknologi dibidang Pendidikan, SMP Islam Terpadu Cendekia Dabo Singkep Kabupaten Lingga, sukses melaksanakan IN HOUSE TRAINING (IHT) terkait "Teknologi Ujian Sekolah Berbasis CBT Offline Tanpa Internet"  bagi seluruh guru tenaga pengajar di sekolahnya.

Kegiatan ini mengangkat tema: "Optimalisasi Perangkat Chromebook Untuk Proses Pengembangan Ujian Sekolah Secara OFFLINE Berbasis CBT ( Computer Base Test ) TANPA JARINGAN INTERNET di SMP Islam Terpadu Cendekia Dabo Singkep Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau" yang dilaksanakan selama tiga hari yaitu Senin s/d Rabu (21 s/d 23-11-2022) di aula perpustakaan SMP Islam Terpadu Cendekia Dabo Singkep.

Para Guru SMP Islam Terpadu Cendekia Dabo Singkep Fokus Mengikuti Kegiatan IHT CBT Offline

Acara lHT dibuka secara langsung oleh Nova Herlina S.Si, selaku Kepala Sekolah SMPIT Cendekia Dabo Singkep dan dilanjutkan langsung dengan materi dari Azrani Ery Saputra selaku praktisi IT untuk teknologi pendidikan dari MtechT Community.

Selain In House Training (IHT), juga dilakukan kegiatan simulasi Ujian CBT Offline Tanpa Jaringan Internet ini juga dilakukan untuk para siswa, agar mereka dapat gambaran tentang penggunaan teknologi CBT Offline tanpa internet ini untuk ujian disekolah mereka.

lHT terkait Teknologi Ujian CBT Offline Tanpa Jaringan Internet merupakan salah satu penguatan tentang paradigma pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menghadapi tantangan teknologi pembelajaran masa depan, agar ke depannya seluruh guru memiliki kapasitas dan kompetensi dalam upaya reformasi pendidikan yang berbasis teknologi.

Kita berharap agar para guru SMPIT Cendekia Dabo Singkep khususnya dapat lebih maju dalam bidang peningkatan teknologi pendidikan, khusus nya dalam pemanfaatan CBT Offline Tanpa Jaringan Internet untuk melakukan proses ujian apapun di sekolah. Ujar kepala sekolah dalam sambutannya.

Ikut HadirBapak Maulud Selaku Direktur Pendidikan Sekolah Islam Terpadu Yayasan Melayu Cendekia Dabo Singkep

Teknologi Ujian Sekolah Berbasis CBT Offline Tanpa Internet, sebenarnya memiliki banyak keunggulan/keuntungan dan  merupakan langkah positif bagi semua sekolah (SD/SMP/SMA bahkan kampus/perguruan tinggi) untuk memudahkan para guru dalam merekap nilai, membuat analisis butir butir soal karena semua nya akan diperoleh secara otomatis tanpa diperlukan internet dilokasi tersebut.

Dan bagi institusi pendidikan (sekolah/kampus) tentu nya teknologi ini akan menekan pengeluaran biaya cetak/fotocopy soal ujian. Dan bagi siswa mengerjakan ujian cukup bisa dilakukan dari smartphone/tablet/chromebook dan siswa bisa langsung melihat nilai setelah ujian diselesaikannya, dan semua itu dilakukan tanpa perlu internet.

Sehingga tentunya hal ini jug merupakan salah satu solusi terbaik bagi sekolah-sekolah yang belum terjangkau atau kesulitan jaringan internet. (AES).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »