Siswa SMP Islam Terpadu Insan Cendekia Dabo Singkep Ikut Aktif Menyukseskan Kegiatan Simulasi - IHT Pemanfaatan Teknologi Ujian CBT Offline Tanpa Jaringan Internet

Views Kamis, November 24, 2022
Kegiatan Simulasi CBT Offline Tanpa Internet Bersama Para Guru Dan Siswa/i SMPIT Insan Cendekia

Lingga – Setelah sukses melakukan kegiatan IN HOUSE TRAINING (IHT) "Teknologi Ujian Sekolah Berbasis CBT Offline Tanpa Internet" bagi seluruh guru/tenaga pengajar, selanjutnya SMPIT Insan Cendekia Dabo Singkep melanjutkan kegiatan simulasi teknologi CBT Offline tersebut untuk para siswanya.

Kegiatan simulasi siswa SMPIT Insan Cendekia Dabo Singkep ini merupakan lanjutan dari IHT para guru yang mengangkat tema tentang "Optimalisasi Perangkat Chromebook Untuk Proses Pengembangan Ujian Sekolah Secara OFFLINE Berbasis CBT ( Computer Base Test ) TANPA JARINGAN INTERNET di SMP Islam Terpadu Cendekia Dabo Singkep Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau" yang dilaksanakan pada Senin Sampai dengan Selasa (21-22/11/2022) di aula perpustakaan SMPIT Insan Cendekia Dabo Singkep.

Acara simulasi untuk siswa ini juga difasilitasi oleh Nova Herlina S.Si, selaku Kepala Sekolah SMPIT Cendekia Dabo Singkep, dan dilanjutkan langsung dengan penjelasan singkat dari Azrani Ery Saputra selaku praktisi IT untuk teknologi pendidikan dari MtechT Community dan praktek langsung bersama siswa dan para guru  SMP Islam Terpadu Insan Cendekia Dabo Singkep yang telah melakukan kegiatan IHT pada hari sebelumnya.

Kegiatan simulasi Ujian CBT Offline Tanpa Jaringan Internet ini dilakukan untuk para siswa, agar mereka lebih mendapat gambaran tentang teknis penggunaan teknologi CBT Offline tanpa internet ini untuk ujian disekolah mereka.

Kegiatan Simulasi CBT Offline Tanpa Internet Bersama Para Guru Dan Siswa/i SMPIT Insan Cendekia

Kegiatan lHT ini terkait Teknologi Ujian CBT Offline Tanpa Jaringan Internet merupakan salah satu penguatan tentang paradigma pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menghadapi tantangan teknologi pembelajaran masa depan, agar ke depannya seluruh guru memiliki kapasitas dan kompetensi dalam upaya reformasi pendidikan yang berbasis teknologi.

Kita berharap agar para siswa yang ada di SMAN 2 Lingga khususnya dapat lebih maju dan melesat cepat serta tidak ketinggalan dalam bidang teknologi pendidikan, untuk itu kami khususkan hari bagi para siswa disekolah kami untuk ikut langsung melakukan simulasi pemanfaatan teknologi CBT Offline Tanpa Jaringan Internet untuk proses ujian disekolah ini. Demikian harapan kepala sekolah SMPIT dalam hal ini.

Teknologi Ujian Sekolah Berbasis CBT Offline Tanpa Internet, memiliki banyak keunggulan/keuntungan selain merupakan langkah positif bagi semua sekolah (SD/SMP/SMA bahkan kampus/perguruan tinggi) untuk memudahkan para guru dalam merekap nilai, membuat analisis butir butir soal karena semua nya dilakukan secara otomatis oleh sistem tanpa diperlukan internet dilokasi sekolah tersebut.

Dan bagi institusi pendidikan (sekolah/kampus) tentu nya teknologi ini akan sangat menekan pengeluaran biaya cetak/fotocopy soal ujian. Dan bagi siswa mengerjakan ujian cukup bisa dilakukan dari smartphone/tablet dan siswa bisa langsung melihat nilai setelah ujian diselesaikannya, dan semua itu dilakukan tanpa perlu internet.

Sehingga akhirnya semua ini merupakan solusi terbaik bagi sekolah dengan lokasi jauh yang belum terjangkau atau kesulitan jaringan internet, atau bahkan sekolah ditengah kota yang mungkin masih bermasalah dengan sinyal internet. (AES).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »