SDN 005-Sekolah Dasar Negeri PERTAMA di Kabupaten Lingga, Melakukan IHT Untuk Teknologi Ujian CBT Offline Tanpa Internet Dalam Rangka Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Teknologi Informasi

Views Sabtu, April 01, 2023

Acara Pembukaan oleh Pengawas dan Kepala Sekolah SDN 005

Lingga –  Guna melakukan penguatan kurikulum merdeka dan peningkatan teknologi dibidang Pendidikan, SDN 005 Dabo Singkep Kabupaten Lingga, sukses melaksanakan IN HOUSE TRAINING (IHT) perdana terkait "Teknologi Ujian Sekolah Berbasis CBT Offline Tanpa Internet"  bagi seluruh guru tenaga pengajar di sekolahnya.

Kegiatan ini mengangkat tema: "Optimalisasi Perangkat Chromebook dan Kegiatan In House Training (IHT) Bagi Para Guru Untuk Proses Pengembangan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis CBT (Computer Base Test) TANPA JARINGAN INTERNET (OFFLINE) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 005Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau" yang dilaksanakan selama tiga hari yaitu Kamis s/d Sabtu - (08 s/d 10 Ramadhan 1444 H/29 s.d.31 Maret 2023 M di Ruang Laboratorium SDN 005 Dabo Singkep Kabupaten Lingga. Dengan narasumber putra asli daerah Lingga yang berasal dari Dabo Singkep Bapak Azrani Ery Saputra, sekaligus sebagai CEO Komunitas Pengembang sekaligus praktisi IT Kepri dari M-Technology (www.MtechT.My.ID).

Kata pengantar acara lHT ini disampaikan oleh Dewi Dahlia,S.Pd.SD selaku Kepala Sekolah SDN 005 Dabo Singkep kemudian secara resmi dibuka oleh Pengawas Sekolah Dasar dari Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga Wilayah Singkep Mukhtasar,S.Pd.SD dan dilanjutkan dengan pemaparan materi IHT oleh Azrani Ery Saputra selaku praktisi IT untuk teknologi pendidikan dari MtechT Community.

lHT terkait Teknologi Ujian CBT Offline Tanpa Jaringan Internet merupakan salah satu penguatan tentang paradigma pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menghadapi tantangan teknologi pembelajaran masa depan, agar ke depannya seluruh guru memiliki kapasitas dan kompetensi dalam upaya reformasi pendidikan yang berbasis teknologi.

Dengan kegiatan IHT untuk ujian berbasis CBT Offline untuk penguatan kurikulum merdeka ini kita berharap agar para guru SDN.005 Dabo Singkep khususnya dapat lebih maju dalam bidang peningkatan teknologi pendidikan, khusus nya dalam pemanfaatan CBT Offline Tanpa Jaringan Internet untuk melakukan proses ujian apapun di sekolah. Ujar kepala sekolah dalam sambutannya.

Harapan yang kuat agar para guru tidak boleh ketinggalan dan tetap harus semangat dalam meningkatkan kapasitas diri dan terus update kemampuan IT menjadi point penting dari fihak pengawas sekolah yang sekaligus membuka acara IHT CBT Offline perdana untuk tingkat SDN se kabupaten Lingga ini.
Para Guru SDN.005 Sebagai Peserta IHT Sedang Fokus Menerima Materi IHT
Teknologi Ujian Sekolah Berbasis CBT Offline Tanpa Internet, sebenarnya memiliki banyak keunggulan/keuntungan dan  merupakan langkah positif bagi semua sekolah (SD/SMP/SMA bahkan kampus/perguruan tinggi) untuk memudahkan para guru dalam merekap nilai, membuat analisis butir butir soal karena semua nya akan diperoleh secara otomatis tanpa diperlukan internet dilokasi tersebut.

Dan bagi institusi pendidikan (sekolah/kampus) tentu nya teknologi ini akan menekan pengeluaran biaya cetak/fotocopy soal ujian. Dan bagi siswa mengerjakan ujian cukup bisa dilakukan dari smartphone/tablet/chromebook dan siswa bisa langsung melihat nilai setelah ujian diselesaikannya, dan semua itu dilakukan tanpa perlu internet.

Sehingga tentunya hal ini juga merupakan salah satu solusi terbaik bagi sekolah-sekolah yang belum terjangkau atau kesulitan listrik dan jaringan internet. (AS).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »